Rumus IF merupakan salah satu fungsi paling umum yang digunakan dalam Microsoft Excel.
Fungsi IF atau yang juga bisa diartikan “jika”, digunakan untuk
mengecek suatu kondisi. Apabila kondisi terpenuhi maka fungsi akan
mengambil suatu nilai, dan sebaliknya apabila kondisi tersebut tidak
terpenuhi maka akan diambil nilai yang lain. dengan kata lain, fungsi IF
disebut fungsi syarat. Jika suatu nilai mempunyai syarat dan dapat
bernilai benar apabila syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat
tidak terpenuhi.
Tips menggunakan logika IF
- Jumlah fungsi IF yang diperbolehkan untuk dipakai dalam sebuah formula yang menggunakan IF bersarang () adalah maksimal 64.
- Untuk mendapatkan nilai dari hasil perbandingan, alternatif selain
menggunakan fungsi IF() yang begitu banyak adalah menggunakan fungsi
lainnya seperti fungsi VLOOKUP, HLOOKUP, LOOKUP atau CHOOSE.
- Untuk mendapatkan hasil dengan berdasarkan data teks atau bilangan
tertentu maka pertimbangkan untuk menggunakan fungsi-fungsi pendukung
lainnya seperti COUNTIF, COUNTIFS, SUMIF and SUMIFS.
Ada banyak fungsi yang digunakan dalam Microsoft Excel
sebagai penunjang sistem pendataan dan pembukuan organisasi. Salah satu
yang paling umum adalah rumus IF yang merupakan fungsi logika dimana
suatu nilai mempunyai syarat dan dapat bernilai benar apabila syarat
tersebut terpenuhi, sebaliknya akan bernilai salah apabila syaratnya
tidak terpenuhi.
Kamu bisa langsung
download disini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar